Friday, August 18, 2006

merdeka dan kemerdekaan

Merdeka sering diartikan bebas dan lepas, kemerdekaan secara tidak langsung di artikan kebebasan dan lepas dari suatu situasi yang tertekan, tertindas dan terjajah.
Lalu apa makna dari kemerdekaan itu sendiri bagi pribadi anda?.. bagi bangsa ini menurud anda?...
Menurud aku makna kemerdekaan pribadi adalah kebebasan untuk menjadi diri sendiri yang sesungguhnya tanpa mengurangi sikap - sikap yang luhur kepada orang lain, dan kemerdekaan suatu bangsa adalah terbebasanya suatu bangsa [dalam hal ini rakyatnya] dari situasi yang sulit. Dan Hari kemerdekaan adalah momentum di mana ada satu hari di catatkan dalam sejarah untuk di peringati, dikenang, dirayakan di kemudian hari... itu kenapa walaupun telah berkali - kali kita meraya kemerdekan negeri ini tetapi kondisi masyarakat kita masih memprihatikan... why?... banyak hal yang bisa anda tangkap dan jelaskan untuk itu semua.

Oh ya dihalaman blogku yang lain aku menulis tentang "Nasionalisme yang terkikis", aku salah dalam hal ini mengartikan nasionalisme karena aku hanya mengukurnya dari memasang bendera di saat hari kemerdekaan... ini karena hal aneh aku lihat di jalan - jalan di beberapa sudut kota Jakarta sepinya antribut Hari kemerdekaan tidak se meriah Pemilu :D Dan yang membuat aku miris adalah ada beberapa Ruko, rumah, toko, warung dan kedarang pribadi yang tidak memasang bendera... Padahal kalau aku telusuri harga satuan bendera tidaklah mahal bagi mereka yang pemilik ruko, toko, rumah permanent,warung dan pemilik kendara pribadi dan bendera itupun bisa di simpan di almari dan di pakai kembali untuk tahun depan... padahal abang bajaj, supir angkutan umum dan pemilik warteg sangup memasang bendera yang setahun sekali ini. Seorang teman mengatakan nasioanlisme tidak di ukur dari memasang bendera atau ga saat hari kemerdekaan, benarkah?... ya baiklah tetapi aku hanya mengambil contoh yang mudah dan sepertinya sudah hal yang biasa di negeri ini memasang bendera sebelum detik detik hari Kemerdekaan negeri ini.

No comments: