Tuesday, August 15, 2006

Kalsium [ calcium ]

Kasium adalah barang mahal jaman sekarang, perhatikan saja banyak produk yang menawarkan kandungan kalsium yang baik dengan harga yang lumayan juga dari beraneka susu kalsium, kapsul, pil dan minuman berkalsium. Demi menjaga kesehatan apapun alasannya ya it's ok ajah deh... Dulu aku sempat di beri "penyuluhan" oleh pelayan apotik, tentang betapa pentingnya kalsium dalam tubuh kita, karena hampir semua bagian dalam tubuh membutuhkan kalsium dari tulang, darah dan bagian lain dalam tubuh. Selama ini aku pribadi sangat cuek dengan kebutuhan tubuh apalagi masalah kebutuhan kalsium dalam tubuh, berikut adalah list kebutuhan kalsium pada manusia berdasarkan usia.

Kebutuhan Kalsium Manusia
Bayi sampai usia 6 bulan 400 mg/hari
Bayi Usia 6 bulan sampai 3 tahun 600 mg/hari
Usia 3 sampai 10 tahun 800 mg/hari
Usia 10 sampai 13 tahun 1.000 mg/hari
Usia 13 sampai 16 tahun 1.200 mg/hari
Pekerja Keras 1.000 mg/hari
Ibu hamil dan menyusui 1.200 mg/hari
Usia lanjut & Menopause 1.200 mg/hari

Dan berikut mamfaat dari mekomsumsi kalsium:
Mencegah pengeroposan & pengapuran tulang
Menormalkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung
Mengatasi keluhan saat haid dan menjelang menopause
Mengatasi kram, sakit pinggang, wasir, rematik
Meminimalkan penyusutan tulang selama hamil dan menyusui
menurunkan kanker usus
Membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi
Mengatasi kaki,tangan kering dan pecah-pecah
Memulihkan gairah seks yang menurun atau melemah
Mencegah dan pengobatan penyakit pada sistem syaraf
Mengatasi kencing manis (menormalkan kembali

Kalsium adalah mineral yang sangat penting dalam tubuh. kalsium sangat membantu proses metabolisme tubuh, penghantar isyarat saraf, mengatur denyut jantung, pertumbuhan otot dan lain-lain. Setelah umur 20 tahun, tubuh akan mulai mengalami kekurangan kalsium sebanyak 1% setiap tahun, Ketika berumur lebih dari 50 tahun, jumlah kandungan kalsium dalam tubuh akan menyusut sebanyak 30%. Kehilangan akan mencapai 50% saat usia 70 tahun. gejala awal kekurangan kalsium adalah lesu,berkeringat,gelisah, sesak nafas, tidak bertenaga, selera makan berkurang, sembelit, insomnia, kaki kejang (kram) dll. Apabila gejala awal telah nampak dan tidak diberikan kalsium yang cukup, maka akan mempengaruhi kesehatan dan mudah terserang penyakit lain. kekurangan Kalsium akan menyebabkan 109 jenis penyakit. Pada anak-anak yang menghadapi rakitis, 10-50% adalah disebabkan oleh kekurangan kalsium.

Tapi jangan lupa mengkomsumsi Kalsium berlebih juga sangat berbahaya,
maka ikutilah aturan pakai makanan yang berkalsium agar ada terhindar dari kelebihan kalsium dalam tubuh anda.Kelebihan kalsium justru dapat berakibat tidak baik. Kelebihan konsumsi kalsium sampai dua kali lipat kebutuhan masih dapat dibuang oleh tubuh, jika tubuh dalam keadaan sehat. Namun jika Anda mempunyai kecenderungan gangguan kesehatan tertentu, atau kelebihan konsumsi kalsium terlalu banyak, maka Anda justru akan mendapat "penyakit". Overdosis kalsium dalam waktu lama akan mendorong terbentuknya batu ginjal dan juga merupakan faktor risiko terjadinya kerusakan ginjal.

Mari menjaga kesehatan dengan mengkomsumsi makanan yang sehat, berolah raga yang cukup dan beristirahat yang cukup.
Dan jangan lupa minum 2 gelas susu anline setiap hari [oppss! spam]

No comments: