Monday, April 02, 2007

Malaysia Tergoyang Blogger

blogger united"Malaysia Tergoyang Blogger" begitulah tema dari program acara yang di tayangkang secara langsung oleh Metro TV pada program acara e-lifestyle (1/4) pkl. 11.30 WIB. Tumben - tumbenan aku tertarik menyimaknya bahkan menyampaikan acara ini keseorang teman blogger, biasanya aku sedikit ogah nonton acara ini kalau di pandu oleh Om Pakar. Maklumlah banyak pernyataan Om Pakar yang bikin "kesal" salah satunya pada program acara "Pada Mu Negeri" yang di pandu Miing Goemelar dan dihadapan adik-adik salah satu SMU di Jakarta dan mahasiswa Binus menyatakan "Friendster dan Blogger adalah bohong".... ck ck ck... ga semua bohong kaleeee! kecuali yang hoby ngeboong :D

E-lifestyle kali ini yang dipandu oleh Meutya Hafid dengan narasumber: Wimar Witoelar, Nukman Luthfie dan Budi Putra lebih terlihat berimbang dan sangat informatif sekali dalam membahas permasalahan blogger pada umumnya terkait kasus yang menimpa salah satu blogger perempuan Indonesia sekaligus presenter acara jalan - jalan di salah satu satasiun Tv swasta Nila Tanzil.


Pada umumnya para narasumber sepakat perlu adanya "aturan main nge-blog" baik di perusahaan yang memperbolehkan karyawannya nge-blog dan tentunya aturan main dalam dunia IT Indonesia sendiri.
Dan menyesalkan serta menyayangkan tekanan yang dilakukan kepada blogger, pada hal blogger mempunyai potensi jurnalisme dan bisnis yang luar biasa. Benar juga, sekali anda me-posting opini anda atau apapun ke blog maka jutaan orang bisa membacanya dalam waktu yang hampir bersamaan dan anda tak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk mencetak selembar koran misalnya.

Blog memang menjadi pilihan alternatif untuk menuangkan sebuah tulisan untuk disampaikan kepada orang lain baik berupa opini, kritik dan sebagianya secara praktis tanpa perlu menunggu waktu lama. Tetapi terkadang aku bahkan mungkin anda melupakkan bahwa ada tanggung jawab untuk setiap kata yang ter-posting di blog, mengabaikan aturan tata bahasa yang santun, tidak menyingung persaan orang lain dan lain - lain.
Kenapa itu terjadi?... mungkin karena sebagian dari kita masih menganggap blog itu adalah hal yang pribadi, jadi semau gue mau nulis dan posting apapun kalau tak suka ya jangan di lihat :D

Mari nge-blog dengan baik ya?.... yuk ya yuk...
pic dari sini :http://farm1.static.flickr.com/157/355825854_9c29578149_o.jpg

4 comments:

pyuriko said...

Nonton jg yaa.... :D

Cempluk Story said...

nge blog emang menyenangkan ^_^

Rey said...

wah gue gak nonton :(

tp emang bener ry, ngeblog tu mesti ati2, dan ini juga yg menyebabkan gue kalo posting ato publish suka lama, bisa diedit berkali2, takut ada pihak2 yang tidak berkenan, walopun misalnya org yg gue tulis bukan blogger. Selama ini sih gue berusaha bgt nulisnya gak menjelek2kan org (gak tau ya kalo pernah luput), soalnya akan menimbulkan kesan gue gak bener dan gak profesional bgt sampe njelek2in org gitu (halah...)

deuuhh jadi curhat nih ry... :D

Anonymous said...

Emang perlu ya netiket dan etiket, soalnya kalo kita mau bebas tapi menyinggung oranglain (dlm artian melanggar etiket, netiket) jangan d publish utk umum ya, kan bisa private, nah kalo diary terserah lah mau nulis apa...