Thursday, April 12, 2007

Way Kanan

Way Kanan merupakan salah satu Kabupaten yang baru terbentuk dengan Ibukotanya Blambangan Umpu. Luas wilayahnya meliputi 3.921,63 km dan dengan jumlah penduduk 312.276 jiwa. Blambngan Umpu merupakan kota tua / kota lama yang berjarak 10 km dari jalan raya Trans Sumatera dan di jalur Kereta Api Palembang - Bandar Lampung yang dibangun pada masa Pemerintahan Kolonial Belanda.

Dan aku akan tinggal di bagian kecil belahan bumi Way kanan, menetap dan akan jauh dari hiruk pikuk kota Metropolitan. Belum ada Akses Internet, jalan - jalan antar desa dan kampung berlapis karpet batu kasar dengan sisa - sisa aspal 10 tahun yang lalu.

Untung masyarakat disana bukanlah masyarakat pemalas yang hanya menanti bantuan, walaupun jalan antar desa parah tetapi jalan di perkampungan jauh lebih baik walaupun hanya berlapis batu namun "mulus", Listrikpun sudah masuk dengan cara swadaya masyarakat walaupun sehari bisa sampai 4 kali pemadaman [ hikz!]saluran telephone bukan masalah karena sudah banyak yang memasang telephone antena dan lebih baik dari pada Hape. Desa yang indah dengan hamparan hijau perkebunan karet sejauh mata memandang, rumah - rumah penduduk yang tertata rapi... dan semua menatap ramah tak ada curiga hanya senyum... sudah lama sekali aku ingin menetap di desa ini.


Desa yang di dominasi oleh peduduk asal Bali dan Jawa ini memang temasuk desa yang berkembang cepat, para transmigran membuka hutan yang diberikan pemeritah pada tahun 1983 dan kini hutan itu tetap menjadi hutan, hutan karet ku sebut...
Nuansa Bali sedikit lebih menonjol karena mereka lebih banyak, kerinduan akan Bali bisa diobati disini walaupun tak seperti Bali tentunya dengan keindahn pantainya karena disini tak ada pantai.

Jangan khawatir akses keluar bukanlah masalah, karena telah tersedia bus langsung ke Kalideres - Jakarta Barat dan tentunya Kreta Api juga bisa menjadi pilihan.

Photo oleh : Deny Yudiawan

5 comments:

Anonymous said...

kapan pindahannya Ry? pantesan SB-nya dibebastugaskan. Sukses ya Ry...

way kanan sama way kambas ada hub. apa? kayaknya way kanan bagus yaa... keep in touch ya Ry, sapa tau suatu saat gue backpacking-an nyampe way kanan kan gue bs numpang di tempat lo... :D

Anonymous said...

@ rey : Pindahan awal Mei, Surat Resign sudah di App tinggal tunggu penganti aku ajah...

Way kanan sama way kambas sama di Way-nya [ dalam bahasa lampung artinya sungai ] Aku menantikan kedatangan mu Ray... :D

NiLA Obsidian said...

Om ary....wah....di sana ga ada akses internet ya?
sukses ya om...take care

Prof. Dr. Syaripudin Basyar, M.Ag. said...

Sukses selalu, dukung perkembagan Way Kanan melalui teknologi informasi dalam upaya mempercepat kemajuan Way Kanan

Kerja keras adalah energi kita said...

wah blogger way kanan maju terus ya

saya dukung
soalnya saya orang way kana tapi lagi di perantau ni
hehhhehhehehe