Thursday, September 28, 2006

Movie, move and remove

Review film Penumpasan Penghianatan G 30 S / PKI yang disutradarai oleh Arifin C Noor, yang diputar pertama kali tahun 1984 di bioskop -bioskop di Indonesia dan kemudian menjadi film wajib tayang di TVRI dan setasiun televisi swasta lainnya sampai pada tahun 1998. Film yang sarat dengan nilai sejarah era tahun 60an dan puncaknya tahun 1965 tentang pergolak politik dan kekuasaan kala itu.
Film yang menghabiskan dana yang cukup besar dan waktu penulisan naskah dan persipan pra pembuatan selama 3 tahun dan pengarapan syuting selama 3 bulan ini mampu menyerap lebih dari 1 juta penonton kala itu. Film yang di garap begitu luar bisa ini mengajak kita seolah berada di era 60an dengan segala ketegangan dan ketakutan yang luar biasa... bagaiman kesadisan PKI kala itu, puncaknya saat penculikan para jendral.
Aku sendiri baru tahun kalau adegan pengangkatan jenajah dari sumur lubang buaya itu bukan film dukumen yang disatukan dengan film Penghianatan G 30 S /PKI, ternyata begitu detailnya make up dan assesories para pemain film ini sehingga terkesan nyata...

Menurut aku pribadi film ini layak tonton, walaupun kebenaran sejarah masih dalam pertanyaan... sudah lama kita tidak menyaksikan film ini di TV sejak Presiden II RI. Suharto lenser dari kekuasaannya...
Nah menurut anda, sebaiknya film Penghianatan G 30 S/PKI tetap boleh ditayangkan atau tidak?... jika tetap ditayangkan, perlukah membuat film versi barunya?...
Serta apakah penting dibuat film - film dokumenter yang lain seperti
film serangan 1 mei, sebagai acuan untuk memperkenalkan sejarah bangsa ini kepada anak - anak di negeri ini.

Penghianatan G 30 S/PKI
Sutradara Arifin C Noer
Ditulis oleh Nugroho Notosusanto
Menampilkan
Bram Adrianto sebagai Kol. Untung
Syu'bah Asa sebagai DN. Aidit
Ade Irawan sebagi Nyonya Nasution
Amoroso Katamsi sebagai May. Jend. Suharto
Omar Khayyam sebagai Presiden Sukarno
Didi Sadikin sebagai Kol. Sarwo Edi
Kies Slamet sebagai Brig.Jend.Suparjo
Sofia WD
Wawan Wanisar dll.
musik oleh Embie C. Noor
Produser G. Dwipayana
Distributor
Tanggal rilis 1984
Durasi 220 menit
Bahasa Indonesia

10 comments:

admin said...

wah besok filmnya di puter ga ya di tvri?.. tapi penasaran dgn program acara di tv swasta ya prihal g30s/pki

venus said...

manggilnya sapa neh? ary?
eh lay outnya bagus. bikin sendiri?
keren, euy...

admin said...

Ary saja,ya bikin sendiri masih perlu belajar banyak.

just Endang said...

Gak usah diputer lagi lah...saya selalu takut liat film itu dan selalu matikan TV atau kalo lagi ditonton ya ngumpet di kamar. PKI sadis bangeeettt !!!!

-putry- said...

hallo :) slm knal yah sblmnya, hhmm mnurut aku lebih baik diputer lagi deh! cz skrng jarang bgt ada film sejarah kayak gtuu dan film G30S/PKI thu adalah pilem favoritkuu! hehee. :D padahal dlu masih sd. tapi gak tau knp.. kyknya seru juga. ;p padahal serem yah..

iayu said...

kesadisan yang berlebihan..tak layak ditonton untuk anak dibawah umur...kalo edegan berciuman aja di sensor..kenapa yang sadis kayak gitu dibiarin aja...????

Abu Hasna said...

kalo isa di buat versi terbarunya may
emang patut di tonton. tapi kalo masih
versi lama yang kek na masih banyak
yang dipermasalahkan keabsahannya mending
kagak aja, daripada meracuni pandangan
masyarakat tentang sejarah.

:D

Anonymous said...

salam kenal Ary,trauma bener lihat ini,dulu sd ,film ini kudu,wajib ditonton....bayangan ketika kecil sadis bener,takutnya gak ilang-ilang,kalo ada di tv,langsung dimatiin(bener mb Endang).Ketika kini udah besar,ngrasa,itu propaganda'bpk soeharto'

-- said...

wah terus terang aku ga peduli nih, mo diputer(dibuat lagi) ato ga he3 (bukan warga negara yg baik ya), em bagus juga sih film2 kayak gini tapi yg paling penting kan gimana mengisi/memperbaiki-nya (bangsa kita tercinta ini), walah de Ary (lam kenal ya) buka blog-mu ini kok lama banget.. tapi keren sih :)

Anonymous said...

awal yang baik