Tuesday, January 02, 2007

We Love Indonesia !

Indonesian GirlKeren banget deh iklan tahun barunya rokok Gudang Garam diangkat dari tema besar "Rumahku Indonesiaku", "Cahaya Asa" sedikit lebih panjang durasinya dari pada iklan peringatan Proklamasi pendahulunya. Hari Minggu dua hari lalu aku sempat menyimak bagaimana proses pembuatanya yang di tayangkan di Trans TV [lupa ih], proses yang menghabiskan waktu 10 hari di 10 titik lokasi di Jawa dan Bali ini, apakah ini singkat atau cukup untuk membuat iklan se bagus itu?... Lokasi yang benar - benar natural dengan visualisasi yang artistik sekali mampu menampilkan Indonesia dari sisi lainnya...
Jadi bangga sama negeri sendiri dan karya anak negeri [emang dulu ga bangga?...]Dulu suka ngiri lihat iklan Air Malaysia dgn Departemen pariwisatanya yang iklannya keren dengan pengakuan mereka tentang "Malaysia, truly Asia " yang menampilkan ragam budaya yang ada di Malaysia... sekarang ga lagi deh...

Kembali ke lap top!... upsh! kembali ke iklan "Cahaya Asa".
Pertama lihat di TV sempat nanya sama bini "itu film apaan sih?.. sepertinya bagus..." dan di jawab dengan nada ngeledek " xixixi gimana sih, itu mah iklan tahun baru bukan film". Sambil menyimak iklan, aku bergumam keren nih ada animasi dan menampilkan alam Indonesia dan budaya indonesia yang belum pernah aku lihat sebelumnya. Dan trenteng!! seperti cerita sebelumnya aku bisa menyimak proses pembuatanya, proses di hutan dan danau [lupa namanya euy!] di daerah Jawa Timur dan Pulau Menjangan di Bali. Pengambilan gambar dari Udara dengan hely, dan pengambilan gambar wanita sedang menapih beras di usung dua laki2 dan berasnya berubah menjadi burung2 itu di lakukan di salah satu aula Sekolah Seni di Bali.
Banyak proses yang sempat aku simak dari pemilihan kostum, latihan dan proses pengambilan gambar yang berulang2 karena misalnya ketepatan waktu yang kurang pas pada saat mengankat batik dari celupan, panah yang jatuh sebelum di lontarkan dll.

Memang yang mendominan iklan ini adalah sosok perempuan dan budaya Jawa dan Bali, itu terlihat dari sosok perempuan meniup "terompet", perempuan menapih beras, peremuan bermain air, perempuan2 menumbuk padi, perempuan menari dengan anak2 kecil,perempuan memukul 2 gong,perempuan menari diatar batik yang sedang di jemur, perempuan2 menari dengan tapih, perempuan diusung sedang menapih beras, perempuan bali sedang menyungi sesaji, dan terakhir perempuan perempuan melontarkan panah[dari Kalimantan] dan tombak[dari Papua]. Sementara laki - laki dalam iklan ini hanya terlihat pada "pencelupan batik, pengiring perempuan yang diusung di atas bukit dan terakhir tarian yang membentuk simulasi bunga pada set ngaben sebelum para perempuan melontakan panah dan tombak.

Hidup Karya Anak Negeri!! iklan ini semua prosesnya dikerjakan oleh anak - anak negeri ini.
Tim produksi Iklan "Cahaya Asa"
Client: PT Gudang Garam Tbk
Product: Gudang Garam Corporate
Version: Rumahku Indonesiaku: Cahaya Asa
Duration: 180"
Agency: Octocomm Asia
Creative Director: Hakim Lubis
Creative Group Head: Eric Hotma
Art Director: Dami Sidharta
Copywriter: Ferro Miryantoro
Business Director: Jimmy Saputra
Account Manager: Fransisca Dinar
Creative Advisor: Jay Subiyakto
Production House: 25 Frame
Film Director: Ipang Wahid
Fashion Designer: Edward Hutabarat
Fotographer: Davy Linggar & Oetomo
Music: EGG Production
TC: Grade One
Post: VHQ
Model: Fahrani, Endhita dan I Ketut Rena

Total syuting sekitar 10 hari, melibatkan 100 orang kur, di 10 titik lokasi di Jawa Timur dan Bali, 9 hari perjalanan darat dan udara

9 comments:

Yati said...

iya, keren banget....
cuma (halah, pake cuma) masih kurang komplit, masih jawa-bali banget, padahal niatnya pengen ngegambarin semua etnik-budaya se indo.
tapi...tetep aja, keren!

admin said...

@ yati: kalau di masukin semua waktunya bisa panjang deh... tapi katanya untuk berikutnya mau di masukin dgn ide yang berbeda tentunya

Manda La Mendol said...

waduh untung mas blue mau nulis review-nya, soalnya saya penasaran sama musik dan penyanyinya. thx mas blue atas infonya.

Anonymous said...

aku sempet nonton 'the making' nya kmrn, emang sumpah keren banget yahhh...

NiLA Obsidian said...

setujuuuu.....
jempol bgt dah...
gile ya temen2 kita itu....
ternyata...sayapnya sudah mengepak begitu tinggi....

tx mas ary, udah info in kru nya....
buat hakim....gut lak for the next project!

Anonymous said...

Sretna Nova Godina!

pyuriko said...

I Love Indonesia,...

Anonymous said...

iyah!! iklan itu keren banget!!! katanyah mpe ngabisin dana 10M yupz?!! trus katanyah per-tayang di tevenyah pun mahal jugaaa.... 10 juta per-tayang ato berapa gitu... pokonya mahal!!!

*hidup karya anak bangsa!!!* p(^-^)q

damisidharta said...

Hahahaha... ngambil dari blog gw ya, Mas... :D

Bebaslah...

Salam,
damiSidharta