Tuesday, October 10, 2006

parcel, ketupat and ampaw

Lebaran sebentar lagi
Berpuasa sekeluarga
Sehari penuh yang sudah besar
Setengah hari yang masih kecil
Alangkah asyik pergi ke masjid
Shalat tarawih bersama-sama

Lebaran sebentar lagi
Berpuasa dengan gembira
Menahan lapar menahan nafsu
Melatih diri sedari kecil
Membaca Qur’an Shalat Tarawih
Melatih iman sedari kecil

Sesudah saling bermaafan
Dengan penuh keikhlasan
Ya Tuhan mohon keridhoan
Sepenuh kasih dan sayang

Lebaran sebentar lagi
Tak ada miskin tak ada kaya
Semua sama di depan Tuhan
Yang berbeda Cuma amalnya
Semua ingin Lailatul Qadar
Semoga kita mendapatKANnya

diambil dari Lebaran sebentar lagi, karya Taufik Ismail dinyanyikan oleh group bandGigi dalam album Pintu Sorga.

Menyaksikan berita akhir - akhir ini seperti lagi rame2nya masalah pemberian parsel kepejabat selain masalah lumpur Lapindo- Sidoarjo.
Sedari dulu memang moment hari raya itu tidak lepas dari berkirim kartu ucapan, parsel, makan opor dan ketupat sayur, membagikan ampow kepada anak2, dan bersedekah kepada mereka yang tak mampu.
Parsel,kembali kemasalah larangan pemberian parsel ke-pejabat oleh KPK yang di demo oleh pengusaha parsel karena dianggap mematikan pendapatan dan kehidupan mereka, memang sepuluh delema... dimana kita lagi getol membrantas korupsi disisi lain masyarakat juga butuh pekerjaan. Tetapi menurut aku larangan yang di keluarkan KPK itu sanggat mendidik dan aku setuju dengan mereka yang berfendapat "sebaiknya parsel di berikan kepada kaum dhuafa, orang - orang yang lebih membutuhkan ketimbang pejabat yang hidupnya sudah lebih dari berkecukupan".
Parsel: tips, gips atau trik?... tentu lain jika diberikan pada mereka yang membutuhkannya karena ini urusan akhirat bukan hidup sekarang.

Kartu Ucapan Lebaran, dulu aku suka kirim2 keteman - teman tetapi kini sudah tidak lagi aku lakukan karena selain sekarang bisa lebih irit dengan hanya mengrimkan SMS atau MMS dan paling beruntung aku telp :) Kesian juga ya Pak postnya kalau mo lebaran pasti sanggat sibuk mengirimkan kartu2 lebaran ke alamat yang di tuju tepat waktu.
Ketupat dan opor, yang satu ini seakan tidak pernah hilang dari tradisi lebaran... hampir setiap tahun pasti ada yang ngirimin.. lumayan makan gratis nih :P sampai bingung sendiri pas ngebaliin rantang atau piring tetangga karena lupa yang punya siapa... ekekek..
Ampow atau salam tempel, wah waktu kecil suka dapet nih walaupun aku ga ngerayain lebaran, ada aja soudara yg nyelipin buat aku... mayan buat beli gulali[permen] dan es cendol :)
Oh ya jadi inget lagunya Dea Ananda..
"......Baju baru Alhamdulillah

Tuk dipakai di hari raya

Tak ada pun tak apa-apa...."

Nah bunda - bunda dan om - om udah beliin baju baru belom buat malaikat kecilnya dirumah?...
Jaman kecil dulu rasanya kurang apdol kalau lebaran ga pake baju baru, bahkan akan malas main kalau tidak dibelikan baju baru... hihihi anak kecil emang suka ama yang baru-baru termasuk uang baru :)

8 comments:

bebex said...

kalo bex dulu seringnya dapet salam tempel...
aaaaaaaah,,seandainya saja itu masih berlaku sekarang.. *ngarep

L. Pralangga said...

Wah senangnya bisa berlebaran di kampung bersama keluarga dan kerabat...mudah2anibadah puasanya lancar ya.. seneng udh bisa mampir kesini.. salam kenal dan salam hangat dari West Africa

putri said...

Hihi.. untung kalau di Jerman anak gak nuntut baju baru. Ortu jadi tenang deh gak punya duit jg gpp :D

Anonymous said...

klo taun ini aldien gak punya baju lebaran tuh om.. mau coba diajarin tuk hidup prihatin lagian lebaran kan bkn identik dm baju baru. Om sendiri gimana udah brp stel baju lebarannya..?

pyuriko said...

kalo udh tua gini, masih dapat angpaw gak yaaa... masih dibeli baju baru gak yaaa....

*pingin jadi anak kecil lagi* hehehe....

pyuriko said...

kalo udh tua gini, masih dapat angpaw gak yaaa... masih dibeli baju baru gak yaaa....

*pingin jadi anak kecil lagi* hehehe....

admin said...

ya masa kecil itu masa yg menyenangkan, bisa main-main sepuasnya, mo apa2 tinggal ulurkan tangan, dan selalu di bilang lucu ngemesin dan bla2 walaupun bandelnya minta ampun

Er Maya said...

lebaran tahun ini sepiii..bundaku mesti ke bogor nemenin kakak yang bakal nglairin anak keduanya. cuman ada papa ma adek thok!..hiks!