Monday, October 09, 2006

Candles on the night

Blepz!! kira - kira begitu suaranya [asli ini ngarang]saat asik nonton film Tom & Jerry di salah satu stasiun TV swasta, gelap bentar di mata walaupun masih sore, kemarin dua kali ada pemadaman listrik... piuh! mana panes n di rumah sendiri lagi... nambah BT deh [bukan Birahi Binggi loh]
Eh abis azan mahgrib ga berapa lama blepz! huuuuuuuuu!! seru anak - anak kecil dan sebagian orang dewasa yang sedang menikmati buka puasa, dah pasang muka jele aku deh [aslinya emang jele] sambil ngerutu sekaligus memahlia di tengahnya gelap melangkah kedapur mencari lilin yang ada dekat kompor... bermodalkan ngeraba dinding akhirnya nyampe juga dan lilinpun dengan sukses dinyalakan... biur!... terang deh walaupun masih remang - remang tidak seterang lampu.
Ada hikmah yang bisa diambil dari padamnya listrik diluar dari biaya langanan bulanan dan pemakaian yang kita bayarkan ke PLN, kita di ajarkan untuk menghargai waktu terang dan nyala listrik seefisien mungkin serta tetap memakai alat penerangan tradisional seperti sentir dan lilin... Agar pula kita merasakan betapa gelapnya desa - desa yang belum menikmati aliran listrik, betapa sulitnya tanpa listrik walaupun mereka yang terbiasa memakai sentir di desa nyaman2 aja :) badewe kapan lilin pertama kali di ciptakan ya?... melihat pungsinya sebagai penerangan juga sering di pakai sebagai simbul perdamaian, suka cita dan ilmu pengetahuan.
di Wikipidia.Org sendiri tidak jelas siapa pertama kali yang membuat lilin, hanya disebutkan bahan pembuat lilin dan mulai di kenal sebelum abad ke 19 didunia dengan pejelasan lilin telah dibuat oleh orang - orang china pada jaman dinasti Qin [221-206 SM]dengan berbahan dasar minyak sapi. Untuk menerangi istana dan biara pada malam hari serta digunakan pada acara2 keagamaan.

Lilin setelah ada listrik beralih pungsi dari sumber penerangan pada malam hari, kini lilin menghiasi kueh ulangtahun, perayaan suatu hari jadi, dipakai pada acara keagamaan, di pakai menghiasi meja makan. Dan berkembang sesuai kebutuhan, lilin pun sudah beraneka bentuk dengan tempat lilin/ tatakan yang berpariasi.
Lilin membawa cahaya penerangan bagi siapa saja :)loh koq jaka sembung naik bajaj seh...

6 comments:

putri said...

Disini jarang banget listrik padam. Selama hampir 7thn di Jerman, baru 2x padam listrik. Yang pertama memang sudah direncanakan, jd pemberitahuannya sudah seminggu sebelumnya :D Padam yang kedua sekitar 30menit tidak ada pemberitahuan, karenanya sempat banyak orang teriak2 keluar rumah hihi.. ternyata sama aja kayak di Indonesia kalau listrik tiba2 padam :P

Salam kenal ya.. makasih dah mampir :)

admin said...

walah selama 7 th baru 2x mati lampu, di Indonesia sebulan hampir sekali :P

nl said...

aku pernah ke pabrik lilin..aku pernah ke pabrik lilin..!! :D *trus napa ?

Susi-Nasywa-Syamil said...

WAh.. paling ngga enak mati lampu om, nasywa pasti ketakutan kalo mati lampu, untung udah ada lilin ya... salut buat yg bikin lilin deh

Anonymous said...

lg asik2 nonton kartun, eeehhh mati lampu...

gak seru donk yaaa Om :D...

Anonymous said...

penasaran dong ya, terusan tom & jerrynya. padahal udah ketebak juga si, pastinya jerrynya lolos lagi..lolos lagi.. hehehe..