Friday, October 27, 2006

Firecrackers

penjual petasanPetasan, nama yang tidak asing lagi di telingga kita sama dengan suaranya yang selalu membuat jatung-an bagi yang mendengarkanya.
Walaupun razia berkali - kali di lakukan, pembuat petasan di gelandang ke penjara tetapi sepertinya sudah menjadi sebuah tradisi di bulan puasa rasanya kurang "abdol" kalau tidak menyalakan petasan Druaaarrrr!! bukan dar der dor!! karena itu suara senapan Iwan Fals.
Memekakan telingga memang dan memang itu yang sengaja di lakukan oleh pembakar petasan, tidak jelas apa tujuan dan paedahnya tetapi petasan tetap di buru dan di nyalakan pada bulan puasa. Bahaya!! sudah jelas bahayanya, apalagi menyalakan petasan dengan memegang petasan... uhhh seremmm, tetepi anak - anak ABG cowo di lingkunganku biasanya memegang petasan saat menyalakannya dan merekapun tak tangung- tangung saat membeli petasan karena mereka langsung membelinya ke Parung [daerah ujung Tangerang kale ya]tempat sentra pembuat petasan dengan menumpang Kereta Api.
Petasan dengan beraneka bentuk dan ukuran, dengan beraneka suara dan harga tentunya... semakin besar dan mahal semakin besar suaranya
uang habis menjadi puing2 sobekan kertas koran begitu petasan meledak... belum lagi kalau terkena petasan, bukan senang malah harus kesakitan di rumah sakit saat orang2 sedang merayakan Idul Fitri... so Jangan Main Petasan!
Dan petasan juga menjalar bukan hanya di pinggiran kota - kota di Indonesia tetapi juga ke perBlogan, memang sudah atmosfirnya kali ya?..
Sampai kapankah petasan akan menghiasi setiap datangnya bulan Ramadhan?... sampai saat kita sadar bahaya petasan dan meninggalkan kebiasaan menyalakan petasan, selama ada pembeli petasan selama itu juga ada yang membuatnya.

4 comments:

Er Maya said...

aku lebih suka maen kembang api..pendar sinarnya cantik banget..palagi kalo digantung di dahan2 pohon..waoooww!!

admin said...

kembang api.... aku juga suka, terutama kembang api yang besar

cahayanya ruarrrr biasa indahnya

Anonymous said...

Met lebaran juga blue... take care...

Lawni Tenisa said...

yeah, gw suka maenan petasan waktu kecil. petasan rawit yg satunya masih 50 perak. abis solat subuh terus ke bukit blakang kampung buat maen petasan. emang sadar bahanya sih, tapi adrenaline rush dan bunyi petasan yg keras membuat gw dan temen2 kek kecanduan.

tapi abis nalar udah kebentuk, gw udah ga maen petasan2 lagi. paling maenan kembang api. paling banter ya maen kembang api sess dor. yg memadukan bunyi dor petasan dan semburan kembang api :D